Logo Bloomberg Technoz

Harga tembaga naik 0,9% menjadi US$8.739,50 per ton di London Metal Exchange, level tertinggi dalam sekitar tiga bulan, sebelum menghapus keuntungan untuk diperdagangkan di US$8.660,50 pada pukul 12:21 malam waktu Shanghai. Harga komoditas ini telah naik 4,2% bulan ini.

Harga tembaga berfluktuasi karena "para investor mem-price in kebijakan stimulus ekonomi China dan ekonomi AS yang tangguh dan pengetatan moneter yang melambat," kata Li Li, analis Jinrui Futures Co.

Kenaikan lebih lanjut menurutnya akan bergantung pada implementasi janji stimulus China dan peningkatan permintaan secara aktual.

Sementara itu, harga bijih besi stabil, dengan sentimen yang dipengaruhi oleh banjir yang terjadi di Hebei, provinsi utara di China di mana terdapat pusat baja Tangshan, meskipun tetap ada optimisme bahwa stimulus dari Beijing akan meningkatkan permintaan.

Harga bahan pembuat baja ini mungkin akan semakin tertahan oleh terbatasnya produksi baja, kata Huatai Futures dalam sebuah catatan. Operasi pabrik mengalami penurunan tertajam dalam lebih dari setahun, menyeret harga ke level terendah sejak Agustus tahun lalu.

Futures untuk bijih besi sedikit berubah pada US$106,75 per ton di Singapura, setelah naik 1,1% pada hari sebelumnya. Futures di Dalian turun 1% di saat baja di Shanghai turun.

(bbn)

No more pages