Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Minta Normalisasi 13 Sungai Jakarta Dikebut

Fransisco Rosarians Enga Geken
31 July 2023 12:40

Presiden Jokowi saat mengecek Jalan Solo Purwodadi (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat mengecek Jalan Solo Purwodadi (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono menuntaskan normalisasi pada 13 sungai di DKI Jakarta. Menurut dia, penyelesaian proyek tersebut akan semakin menekan potensi banjir di wilayah Jakarta.

Hal ini disampaikan usai Jokowi meresmikan proyek sodetan Ciliwung-Kanal Banjir Timur sepanjang 1,2 kilometer di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur. Proyek ini berfungsi untuk mengalirkan debit air tinggi di Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur dan Kali Cipinang.

"Normalisasi Sungai Ciliwung harus segera rampung. Dari 33 Kilometer (Km), baru sekitar 16 Km yang selesai. Berarti masih sisa 17 Km," kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Senin (31/7/2023).

Selain Sodetan Ciliwung, Jokowi mengatakan, pemerintah sudah menuntaskan pembangunan Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi di Hulu Sungai Ciliwung. Proyek ini diklaim mampu mengurangi debit air yang diteruskan ke Jakarta melalui Sungai Ciliwung pada musim hujan.

Pemerintah provinsi, kata Jokowi, juga terus membangun dan merawat sejumlah rumah pompa yang berada di 13 sungai Jakarta. Dia mengklaim seluruh proyek penanganan banjir yang sudah selesai tersebut akan mampu menyelesaikan 62% potensi banjir di Jakarta.