Logo Bloomberg Technoz

Tak Masuk Kuota, DPR Temukan WNA Beli LPG 3 Kg di Bali

Fransisco Rosarians Enga Geken
31 July 2023 09:20

Tabung gas LPG Pertamina./Bloomberg-Josh Estey
Tabung gas LPG Pertamina./Bloomberg-Josh Estey

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat meminta pemerintah dan PT Pertamina memastikan distribusi gas bersubsidi jenis LPG 3 Kg agar tepat sasaran. Anggota Komisi VI DPR, I Nyoman Parta mengatakan, telah menemukan sejumlah warga negara asing yang bisa membeli gas melon di Bali. 

Padahal, menurut dia, kuota dan stok gas subsidi tersebut bagi warga lokal Bali juga terbatas. Bahkan, sejumlah daerah termasuk Bali sempat mengalami krisis atau kekurangan stok gas tersebut dalam beberapa pekan terakhir. 

"Ternyata mereka juga memanfaatkan (LPG 3 Kg) dan saya lihat di lapangan mereka juga nenteng (membawa) gas. Ini kan harus ada ketegasan tentang siapa yang berhak dan siapa yang tidak berhak," kata Parta seperti dikutip dari laman DPR, Senin (31/7/2023).

Dia mengatakan, Bali memang menjadi tempat wisata dan tinggal sementara sejumlah WNA. Mereka tersebar di rumah, vila, dan pondok di Pulau Dewata tersebut. 

"Mereka tidak ber-KTP Bali, tapi menggunakan gas di Bali. Itukan jumlahnya sangat banyak. Jadi, banyak yang tidak berhak terhadap LPG subsidi, tapi menggunakan LPG subsidi," kata Politikus PDI Perjuangan tersebut.