Logo Bloomberg Technoz

Meski demikian Figure belum lama telah mencapai titik baru keuangan, menurut dokumen tersebut. Bisnis peminjaman Figure mencatatkan rekor volume US$900 juta selama kuartal II-2023. Perusahaan juga mencatatkan pendapatan US$ 83,5 juta, menurut surat dari Cagney kepada investor dan mitra Figure pada bulan Juli.

Capaian laba Figure mencapai US$ 2,7 juta selama kuartal kedua, tulis Cagney. Masih lewat sumber yang sama, Cagney menulis bahwa bisnis peminjaman perusahaan menguntungkan. Figure memiliki margin kontribusi lebih dari 50%.

Hasil ini membuat para eksekutif memulai pembicaraan dengan para bankir untuk membawa divisi yang mereka sebut "LendCo" ke publik pada awal tahun depan, kata Cagney dalam sebuah pertemuan.

Valuasi LendCo diharapkan mencapai US$2,5 miliar saat perusahaan menggelar proses IPO. Kapitalisasi pasar tersebut, bersama dengan aset perusahaan lainnya, “idealnya menempatkan kami pada posisi nyaman di depan harga putaran terakhir,” kata Cagney, mengacu pada valuasi terbaru Figure sebesar US$3,2 miliar dalam putaran pendanaan yang didukung oleh ventura pada tahun 2021. 

Namun PHK justru terjadi pada pekan ini, meski Figure tetap menolak komentar beradanya kabar pemecatan karyawan. Keputusan PHK disesali karyawan di tengah kinerja perusahaan yang baik.

Dalam sebuah pertemuan pekan ini, banyak pertanyaan yang diajukan oleh para pekerja dianggap terlalu "salty" untuk dibacakan, menurut dokumentasi pertemuan tersebut. Sekitar setengah dari pekerja yang di-PHK minggu ini adalah para insinyur. 

Sebuah pesan yang dikirim oleh engineering Senior VP Matt Conroy melalui Slack kepada karyawan terdampak PHK,  menyarankan karyawan yang tersisa untuk “bersikap baik” kepada para pemimpin perusahaan karena "keputusan ini juga tidak mengenakkan.”

Conroy juga menyarankan bahwa “masa depan cerah” bagi mereka yang membaca pesan tersebut, berkaca pada kinerja perusahaan yang kuat pada periode terakhir dan  “tujuan ambisius menuju tahun 2024, dengan rencana IPO untuk bisnis pinjaman, rencana untuk bisnis Markets kami” dan produk lainnya.

Anggota tim yang tersisa dapat ditugaskan kembali ke grup produk baru dalam beberapa minggu mendatang.

(bbn)

No more pages