Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Geofoam, Material yang Dipakai Bangun Tol Indralaya

Krizia Putri Kinanti
30 July 2023 19:30

Ilustrasi aplikasi teknologi Geofoam. (dok University of Utah)
Ilustrasi aplikasi teknologi Geofoam. (dok University of Utah)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) melakukan inovasi teknologi geofoam pada ruas Tol Indralaya-Prabumulih. Aplikasi teknologi geofoam bertujuan untuk meminimalisir penurunan oprit dan memperlambat  atau penurunan tanah selama masa layanan jalan tol.

Perusahaan menjelaskan bahwa geoform adalah material berbentuk balok dengan bobot ringan. Karakter material ini dapat menanggulangi lapisan tanah yang labil atau lunak.

Inovasi geofoam sebagai pengganti timbunan di belakang oprit akan meminimalisir penurunan jalan yang biasanya terjadi pada titik temu antara timbunan dengan struktur.

Ilustrasi teknologi Geofoam. (dok University of Utah)

Orpit merupakan segmen penghubung antara antara jalan dengan jembatan. Sedangkan Geofoam merupakan salah satu material geosintetik yang terbuat dari polimer Expanded Polystyrene dan Xtruded Polystyrene (XPS) yang mempunyai properti berat jenis yang lebih rendah dibandingkan material granular atau tanah.

Geoform diaplikasikan pada ruas tol sepanjang 64,5 km yang menghubungkan Indralaya hingga Prabumulih. Ruas tol ini menjadi salah satu JTTS yang menggunakan inovasi geoform.

Artikel Terkait