Logo Bloomberg Technoz

Mehub: Operasional LRT Jabodebek Saat Perayaan HUT RI

Whery Enggo Prayogi
30 July 2023 16:25

Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) berada di Depo LRT Jabodebek, Jatimulya,Kamis (6/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) berada di Depo LRT Jabodebek, Jatimulya,Kamis (6/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, terus memantau progres uji coba LRT Jabodebek, yang akan beroperasi secara komersial pada saat perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 RI.

Pemantauan secara langsung bertujuan untuk memastikan faktor keselamatan terpenuhi. Uji coba LRT Jabodebek sendiri dilakukan dalam tiga tahap.

Pertama fokus pada pengoperasian semua kereta. Faktor aspek keamanan dan keselamatan harus terpenuhi di semua kereta yang akan dioperasikan.

Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (14/6/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Kedua, pengoperasian kereta dengan jumlah penumpang maksimal, dengan titik berat pelayanan serta tingkat pengguna. Terakhir, tahap ketiga uji coba dengan headway ketat dan rute pulang-pergi (PP).

“Ujicoba ini kita lakukan hingga lima hari sebelum 18 Agustus, sehingga dapat segera kita laporkan kepada Presiden. Jika pengujian berjalan lancar, operasional LRT Jabodebek secara komersial dapat dilakukan saat kita merayakan ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia,” jelas Budi Karya.

Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (6/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)