Logo Bloomberg Technoz

Pengeboran Sumur MNK Kedua Blok Rokan Terjadi November 2023

Krizia Putri Kinanti
30 July 2023 14:30

Pengeboran Sumur MNK Kedua Blok Rokan. (dok: Kementerian ESDM)
Pengeboran Sumur MNK Kedua Blok Rokan. (dok: Kementerian ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menargetkan pengeboran MNK kedua di Blok Rokan dengan nama Sumur Kelok pada November 2023.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa potensi MNK inplace di kedua sumur tersebut mencapai 80 juta barel minyak. Meski demikian, dibutuhkan waktu sekurangnya 4 bulan untuk memastikan sumur MNK tersebut memiliki nilai ekonomis.

"Kita berharap dalam 120 hari paling tidak untuk bisa mendapatkan data informasi mengenai keberadaan kepastian potensi MNK yang ada di Blok Rokan," ujarnyaArifin lewat keterangan  resmi, Minggu (30/7/2023). Target ini dicanangkan usai peresmian tajam pertama sumur Gulamo Migas Non Konvesional (MNK) Blok Rokan.

Setelah pengeboran dua sumur tersebut, Arifin mengatakan masih akan ada lagi 126 sumur lain yang akan dilakukan pengeboran. Menurut dia potensi MNK yang ada di Blok Rokan ini sangat besar, yakni mencapai 1,28 miliar barel minyak.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menambahkan bahwa WK rokan merupakan bagian cekungan dari central sumatera basin yang menyimpan lebih besar lagi potensi MNK.