Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes Dorong Peningkatan Bahan Baku Obat dari Dalam Negeri

Krizia Putri Kinanti
30 July 2023 13:30

Ilustrasi obat-obatan (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi obat-obatan (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat Indonesia telah mampu memproduksi 8 dari 10 bahan baku obat yang paling banyak digunakan, yaitu Parasetamol, Omeprazol, Atorvastatin, Clopidogrel, Amlodipin, Candesartan, Bisoprolol, dan Azitromisin. Namun beberapa bahan baku obat masih didapatkan lewat jalan impor.

Dalam pengembangannya pemerintah bersama industri mendorong peningkatan industri bahan baku obat nasional lewat pergantian sumber bahan baku impor dengan bahan dari dalam negeri untuk industri farmasi atau change source.

Langkah  ini selain ditujukan untuk meningkatkan penggunaan bahan baku obat produksi dalam negeri, juga sekaligus menurunkan angka impor bahan baku obat. Sasaran lain adalah meningkatkan jumlah produk obat dengan TKDN lebih dari 52%, sebagaimana menjadi  prioritas dalam pengadaan khususnya untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Change source merupakan komitmen pemerintah untuk memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri dan menjadi milestone dalam mewujudkan ketahanan sektor kefarmasian di tanah air, dengan tetap memperhatikan pemenuhan syarat produk yang aman, bermutu, dan berkhasiat,” kata Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, L. Rizka Andalusia lewat siaran resmi Kemenkes yang dikutip, Minggu (30/7/2023).

Hingga Juni 2023 sebanyak 38 industri farmasi telah difasilitasi change source untuk lima bahan baku obat dalam negeri, yakni Clopidogrel, Atorvastatin, Amlodipine, Candesartan, dan Bisoprolol. Fasilitas change source telah resmi berjalan 2 Juni lalu.