Logo Bloomberg Technoz

PHE Batal IPO, Pertamina Ungkap Alasan yang Sebenarnya

Sultan Ibnu Affan
29 July 2023 15:30

Kilang Pertamina Dumai. (Dok. Pertamina)
Kilang Pertamina Dumai. (Dok. Pertamina)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertamina angkat bicara mengenai batalnya anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menggelar initial public offering (IPO) pada tahun ini. Salah satu alasannya adalah harga minyak dunia global kurang atraktif dalam mendukung prospek ekonomi.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menjelaskan bahwa IPO PHE tidak dilaksanakan pada saat ini karena masih perlu mencari waktu yang tepat. “Hal ini tentunya sejalan dengan ketetapan yang disampaikan Kementerian BUMN melalui Wakil Menteri BUMN beberapa waktu lalu,” ujarnya, dalam siaran pers, Sabtu (29/7/2023).

Lebih lanjut Fadjar menjelaskan beberapa hal yang menjadi pertimbangan diantaranya seiring dinamika kondisi pasar modal dunia dan Asia Tenggara sepanjang tahun 2023 akibat tekanan dari pengaruh resesi global.

Dari sisi makro ekonomi global, trend peningkatan suku bunga The Fed menambah beban ekonomi emerging markets untuk mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain harga minyak dunia (Brent) mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, dimana dalam beberapa bulan terakhir berada di level US$70-80 per barrel dan diprediksi tetap bertahan pada level tersebut hingga 2024. Hal ini juga menjadi faktor yang kurang mendukung pelaksanaan IPO PHE pada saat ini.


Pergerakan Harga Minyak