Logo Bloomberg Technoz

PPDB Jadi Polemik, Anies Kritik Kemdikbud di Bawah Nadiem Makarim

Sultan Ibnu Affan
29 July 2023 14:40

Anies Baswedan di acara Ngobrol Publik. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Anies Baswedan di acara Ngobrol Publik. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan ikut angkat bicara soal polemik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sempat mencuat belakangan ini. 

Dia mengidentifikasi bahwa masalah dari PPDB tersebut adalah karena jumlah kursi yang tidak sesuai dengan jumlah siswa. "Akar masalahnya adalah jumlah bangku dengan jumlah siswa tidak sama. Inilah yang harus diselesaikan," kata Anies di sela acara Festival Belajaraya 2023 di Jakarta, Sabtu (29/7/2023).

Menurut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), pemerintah semestinya menyamaratakan jumlah kursi terlebih dahulu, baik itu dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Kalau jumlahnya sama, persoalan ini dapat terselesaikan. Selama akar masalahnya belum selesai, maka kita akan selalu dipertemukan dengan masalah seperti ini, karena isu bangku yang terbatas," ujarnya.

Ketika Anies menyampaikan kritik ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim belum tiba di lokasi acara. Nadiem dijawalkan menjadi pembicara di event yang sama pada sore hari ini.