Logo Bloomberg Technoz

Dia mengatakan juga punya pengalaman soal isu pendidikan dengan Susi. Kala itu, sebagai seorang menteri yang tak terlalu berlatar belakang pendidikan tinggi, Anies mengajak Susi untuk melanjutkan paket C untuk mendapatkan ijazah SMA.

"Bu, jadi gini. Bukan soal ijazah. Kalau soal Bu Susi memang ibu sudah enggak butuh itu semua. Tapi di luar sana, ada ratusan ribu, banyak, bahkan jutaan orang yang mereka sebenarnya bisa dapat kesempatan kerja. Tapi kalau mau daftar pekerjaan ditanya punya ijazah atau tidak. Betul kan? Kalau enggak ada ijazah, enggak bisa," ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyarakan bahwa jika hal itu dilakukan oleh Susi, maka akan banyak masyarakat yang mengikuti contoh baik. Akhirnya Susi Pudjiastuti melakukannya.

Sebelumnya, Anies Baswedan menunjukan kedekatan dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Mulanya, Anies menemui Susi di kediamannya, Pangandaran, Jawa Barat, Senin (24/7/2023).

Keduanya pun berbincang sembari menikmati senja. Ternyata, Anies bahkan menginap hingga Selasa (25/7/2023) pagi dan melanjutkan safari dengan mengunjungi nelayan di tempat pelelangan ikan Pangandaran.

Dalam kegiatan itu, Anies ditemani Susi. Keduanya juga sempat berjalan-jalan di sekitar Pangandaran dengan menggunakan mobil pikap yang dikemudikan oleh Susi.

(ibn/ezr)

No more pages