Logo Bloomberg Technoz

“Sehubungan dengan informasi yang beredar di sosial media terkait tampilan pop up peringatan virus di aplikasi BCA mobile, dapat kami sampaikan bahwa nasabah agar berhati-hati atas hal tersebut," kata EVP Corporate Communication BCA, Hera F Haryn, Senin (24/7/2023). Baca selanjutnya lewat tautan berikut.

2. Dilema UUS, Ini Dampak Spin-Off Bagi Bisnis Bank

ATM Bank Syariah Indonesia. Foto: Dimas Ardian/Bloomberg

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merilis peraturan yang mewajibkan bank umum untuk melakukan pemisahan (spin-off) terhadap unit usaha syariah (UUS) nya.

OJK mewajibkan penyediaan Dana Usaha sebesar Rp1 triliun untuk pembukaan UUS baru dan pemenuhan secara bertahap bagi UUS yang sudah berdiri. Dana Usaha itu seperti modal yang ada di bank syariah ataupun bank konvensional.

Chief Economist The Indonesia Economic Intelligence Sunarsip mengatakan aturan kewajiban bank untuk memisahkan unit syariahnya merupakan langkah yang tepat. Klik berita lengkapnya di sini.


3. Suplai Makin Ketat, Harga Minyak Dunia Naik Tertinggi 3 Bulan

Ilustrasi harga minyak WTI pasca putusan bank sentral menahan tingkat bunga acuan, 15 Juni 2023. (dok Bloomberg)

Harga minyak dunia naik ke level tertinggi selama tiga bulan menyusul tanda-tanda pasar yang makin ketat yang melebihi sentimen prospek kenaikan suku bunga lagi oleh bank sentral AS, The Federal Reserve.

West Texas Intermediate menetap di atas US$78 per barel karena pemotongan produksi OPEC+ mulai terwujud dan memperketat pasokan global.

Sentimen yang juga menambah reli harian adalah pemadaman di kilang Baton Rouge Exxon yang kemungkinan akan mati selama beberapa minggu. Pemadaman ini adalah gangguan untuk musim mengemudi saat musim panas di AS sebab di sana terdapat mesin pembuat BBM. Lanjutannya lihat di sini.

4. Taji King Maker Jokowi

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat berada di Malang, Jatim (Instagram Jokowi)

Manuver Presiden Jokowi dalam konstelasi pencalonan presiden kian lihai. Di panggung depan, Jokowi formal merestui calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, calon dari PDI Perjuangan. Namun di panggung belakang, kode-kode kedekatan informal terus dimunculkan antara Jokowi dan capres Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra. 

Teranyar, kebersamaan Jokowi dan Prabowo saat berkunjung ke PT Pindad di Malang, Jawa Timur. Dengan santainya, Prabowo menyopiri Jokowi dan ibu negara Iriana. Hal yang sama juga pernah dilakukan Prabowo awal tahun ini di kompleks Kementerian Pertahanan Jakarta. Kebersamaan itu sudah yang kesekian kali usai keduanya juga beberapa kali acara makan bersama. Selanjutnya berita ini klik lewat link berikut.

5. Transmart Tutup Gerai & Saham Ritel Sedang Tak Baik-baik Saja

Salah satu gerai Transmart di Cibubur, Jawa Barat. (Dok. Transmart)

Perusahaan milik pengusaha Chairul Tanjung, PT Trans Retail Indonesia, kembali menutup gerai Transmart dan kali ini dilakukan di cabang Blok M Square.

Penutupan secara permanen itu menambah daftar panjang gerai Transmart yang ditutup. Sejak 2019, Transmart sudah menutup gerainya di sejumlah lokasi, antara lain Transmart Mangga Dua Square, Transmart ITC Kuningan, dan Transmart ITC Permata Hijau.

Untuk di Blok M Square, penutupan rupanya sudah dilakukan sejak Maret 2023. Namun, kabar ini baru ramai menjadi perbincangan warganet, terutama Twitter, belakangan ini. Selengkapnya ada di sini.

6. Bertemu Xi Jinping, Jokowi Minta China jadi Investor di IKN

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama Presiden Xi Jinping dan Madam Peng, di Chengdu, China (Biro Setpres)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral bersama Presiden Xi Jinping, di Hotel Jinniu, Chengdu, China Kamis (27/07/2023). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi sempat mengajak para investor China untuk menanamkan modalnya di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Semoga kerja sama Otoritas IKN dengan Pemerintah Kota Shenzen dapat berkontribusi bagi perencanaan dan pengembangan IKN,” katanya dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (28/7). Klik lebih lengkapnya berita di sini.


7. Pertumbuhan Ekonomi 5% Tapi Pengangguran & Kemiskinan Tak Membaik

Pusat ekonomi di jantung kota DKI Jakarta. (Dok Muhammad Fadli/Bloomberg)

Wakil Rektor Bidang Pengelolaan Sumber Daya Universitas Paramadina Handi Risza menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini amat bergantung pada perdagangan komoditas yang beberapa waktu lalu mengalami kenaikan harga. 

Selama kuartal pertama 2023, ekonomi Indonesia mampu mencapai 5,02% ditopang oleh keuntungan lewat lonjakan atau windfall  harga komoditas yang sedang tinggi. Jangan ketinggalan, lanjutannya di tautan ini.


8. Luhut: Nikel Morowali Tekan Kemiskinan, Meski Ada Isu Lingkungan

Dump truck nikel di Kawasan Industri Morowali./dok. Bloomberg

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengeklaim investasi di Kawasan Industri Morowali berhasil menurunkan angka kemiskinan, kendati tidak memungkiri isu lingkungan pertambangan nikel masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah yang belum tuntas.

Luhut mengatakan penghiliran industri pertambangan nikel telah menurunkan kemiskinan di daerah-daerah yang menjadi lokasi pabrik pengolahan komoditas mineral logam bahan baku baja nirkarat dan baterai kendaraan listrik itu. Baca selengkapnya beritanya.

9. Bursa Capres Cawapres Makin Kompetitif, Seperti Pacuan Kuda

Kiri-kanan: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo. (Bloomberg/Rony Zakaria/Dimas Ardian, Tangakap Layar Intagram @ganjar_pranowo)

Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menyatakan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden dengan elektabilitas tertinggi. Unggul tipis dari Ganjar Pranowo. Pun demikian dengan bakal cawapres, dimana kini nama Erick Thohir unggul. Padahal akhir tahun 2021 nama Erick masih berada di papan tengah kandidat cawapres.

“Sampai tiga nama [bakal capres], perbedaan Prabowo [Subianto] dan Ganjar [Pranowo] masih neck to neck, meskipun Prabowo unggul tapi keunggulannya tipis. Mas Anie [Baswedan],” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di Jakarta, Minggu (23/7/2023). Baca di sini.

10. The Fed Naikkan Suku Bunga Lagi, Tertinggi Dalam 22 Tahun

Bos Bank Sentral AS, Jerome Powell. (dok Bloomberg)

Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve kembali menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin. Gubernur The Fed, Jerome Powell kemungkinan masih akan kembali menaikkan suku bunga namun semua tergantung pada data-data yang akan masuk ke depannya.

Setelah menghentikan kenaikan suku bunga pada bulan Juni, The Fed kembali mengerek suku bunga pada pertemuan kebijakan mereka pada hari Rabu (26/7) untuk ke-11 kalinya sejak Maret 2022 demi mengekang inflasi. Kenaikan seperempat poin persentase yang diambil dengan suara bulat itu mendorong kisaran target untuk suku bunga acuan Fed Fund Rate menjadi 5,25% hingga 5,5%, level tertinggi dalam 22 tahun. Lanjutkan baca di tautan berikut.

(ezr)

No more pages