Logo Bloomberg Technoz

Bos Bulog: Mafia Beras Cukup Ditindak Secara Persuasif

Rezha Hadyan
06 February 2023 07:12

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (bulog.co.id)
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (bulog.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik Budi Waseso menyebut penindakan terhadap mafia beras yang menjadi salah satu penyebab lonjakan harga komoditas tersebut dapat dilakukan dengan cara persuasif.

Menurut Buwas, demikian sapaan akrabnya, tujuan dari penindakan terhadap para pelanggar hukum pada dasarnya adalah membuat mereka tidak lagi mengulangi perbuatannya. Dia menilai penangkapan yang dilanjutkan dengan penahanan di penjara selama ini tak membuat mafia beras jera.

"Jadi, percuma ditahan atau ditangkap, tetapi persoalannya tidak selesai. Malah mungkin jadi makin berkembang. Itu nggak menyelesaikan masalah," katanya di Kantor Pusat Bulog, Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Lebih lanjut, terkait dengan upaya pemberantasan mafia beras, Buwas menyebut itu di luar kewenangan Bulog dan menjadi tanggung jawab dari Satgas Pangan. Pihaknya hanya bisa berpaya mendistribusikan beras operasi pasar seefisien mungkin atau menjalankan program Stabiltas Pasokan Harga Pangan (SPHP) dengan baik.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memangkas rantai penyaluran beras yang masih terlalu panjang. Sebab, hal tersebut menjadi celah bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, atau mafia beras.