Logo Bloomberg Technoz

Ukraina Balas Serangan Rusia, Perang Makin Membara

News
28 July 2023 12:15

Anggota Brigade Bureviy berlatih manuver ofensif selama latihan di kawasan hutan dekat Kyiv, Ukraina, Kamis (22/6/2023). (Seth Herald/Bloomberg)
Anggota Brigade Bureviy berlatih manuver ofensif selama latihan di kawasan hutan dekat Kyiv, Ukraina, Kamis (22/6/2023). (Seth Herald/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Babak baru serangan balasan Ukraina yang telah lama ditunggu-tunggu terhadap pasukan Rusia telah dimulai. Ini merupakan upapa negara itu meyakinkan sekutunya bahwa mereka dapat merebut kembali wilayah yang direbut pasukan Vladimir Putin.

Saat Moskow meningkatkan serangan rudal jarak jauh, kedua belah pihak kini mengintensifkan serangan mereka. Kyiv mencari terobosan di medan sementara Rusia melakukan langkah-langkah yang melumpuhkan ekonomi Ukraina, seperti menyetop perjanjian ekspor biji-bijian Ukraina via Laut Hitam.

Kini di medan perang pasukan Ukraina yang segar dari pelatihan gaya NATO dan dilengkapi dengan beberapa senjata terbaik aliansi itu berhadapan dengan pasukan Kremlin yang mengeluhkan kehilangan kekuatan, pelatihan yang buruk, dan kurangnya pasokan senjata.

Para analis dari lembaga think tank Institute for the Study of War mengatakan bahwa kendaraan lapis baja atau tank Ukraina mungkin telah menembus beberapa garis pertahanan Rusia, dan seorang pejabat AS mengatakan pasukan Ukraina juga membuat dorongan yang signifikan di wilayah tenggara Zaporizhzhia.