Logo Bloomberg Technoz

Ini 8 Kerja Sama yang Disepakati dalam Kunjungan Jokowi ke China

Ezra Sihite
28 July 2023 11:10

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Chengdu, Kamis (27/7/2023). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Chengdu, Kamis (27/7/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari pertama kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Chengdu, China, ada 8 kesepakatan kerja sama yang ditandatangani. Delapan kesepakatan tersebut yakni:

1. Plan of Action dari MoU Kesehatan.
2. Protokol pembukaan akses pasar untuk produk pertanian tepung
porang.
3. Protokol pembukaan akses pasar produk pertanian bubuk tabasheer.
4. MoU riset & pengembangan industri plant breeding dan budi daya
laut.
5. MoU kerja sama saling tukar pengetahuan dan pengalaman untuk
pembangunan IKN
6. MoU kerja sama “Two Countries, Twin Parks.”
7. MoU Kerja Sama Ekonomi dan Teknis dan,
8. MoU kerja sama pendidikan bahasa Mandarin.

"Kunjungan bapak Presiden ke Chengdu menghasilkan 8 kesepakatan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebagaimana keterangan resmi Kemlu RI dikutip Jumat (28/7/2023).

Diketahui Presiden Jokowi dengan delegasinya yang terdiri dari sejumlah menteri melakukan kunjungan kerja ke China. Kedatangan Jokowi ke China termasuk untuk memenuhi undangan Presiden Xi Jinping yang bertepatan dengan 10 tahun Kemitraan Strategis Komprehensif RI-China. Jokowi berkunjung ke China pada 27-28 Juli 2023. Delapan kesepakatan tersebut diteken pada hari pertama Jokowi di China.

Menlu mengatakan, pada hari kedua kunjungan, Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan bisnis dengan pebisnis dan berbagai investor di China. Jokowi juga akan menghadiri pembukaan FISU World University Games.