Logo Bloomberg Technoz

Delegasi China dan Rusia Tiba di Korut, Kim Jong Un Pamer Rudal

News
27 July 2023 15:55

Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz dan Sangmi Cha - Bloomberg News

Bloomberg, Kim Jong Un bertemu dengan Menteri Pertahanan Rusia dalam pertemuan tingkat tinggi pertama untuk Korea Utara (Korut) sejak dimulainya pandemi. Keduanya menggunakan peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Korea untuk menunjukkan hubungan antara dua negara yang kembali menguat.

Sergei Shoigu, yang memimpin delegasi Rusia di Pyongyang untuk merayakan peringatan tersebut, menyerahkan surat yang ditandatangani oleh Presiden Vladimir Putin kepada Kim. Media resmi Korea Utara melaporkan pada Kamis (27/7/2023), keduanya juga membahas sejumlah topik lain termasuk soal pertahanan bersama.

Kim juga membawa Shoigu dalam tur pameran senjata, di mana rudal balistik dan drone berkemampuan nuklir dipajang. Rodong Sinmun, surat kabar terbesar Korut, mengatakan Kim berharap tentara Rusia dapat mencapai "hasil besar" dalam perjuangannya membangun negara yang lebih kuat.

Selain dengan delegasi Rusia, kelompok China yang dipimpin oleh Li Hongzhong, yang duduk di Politbiro Partai Komunis China, juga ikut menghadiri acara tersebut. Para delegasi Rusia dan China merupakan delegasi asing pertama yang mengunjungi negara tersebut sejak Kim menutup perbatasan sekitar tiga tahun lalu karena pandemi.