Logo Bloomberg Technoz

China Bersiap Hadapi Topan Doksuri Usai Hantam Filipina, Taiwan

News
27 July 2023 14:35

Ilustrasi badai di laut./dok. Bloomberg
Ilustrasi badai di laut./dok. Bloomberg

Sing Yee Ong dan Andreo Calonzo - Bloomberg News

Bloomberg, China membatalkan puluhan penerbangan dan perjalanan kereta api sebagai persiapan menghadapi topan Doksuri, yang telah menutup sebagian besar Taiwan selatan dan timur setelah membawa hujan lebat dan angin kencang di Filipina.

Sedikitnya tiga orang tewas akibat badai besar, yang menuju ke China setelah menyebabkan banjir setinggi dada di provinsi Cagayan utara Filipina. Topan tersebut, dengan kecepatan angin hingga 155 kilometerper jam dan hembusan hingga 191 kpj, berada sekitar 200 kilometer barat daya titik paling selatan Taiwan pada pukul 11:30 waktu setempat. 

Di Taiwan, hampir 50.000 rumah tangga mengalami gangguan listrik, dan 3.723 rumah mati listrik pada pukul 10 pagi, sementara sekolah dan kantor di banyak kota utama, termasuk Kaohsiung dan Tainan, tutup, meski ibukota Taipei tetap dibuka. Menurut otoritas udara sipil setempat, sekitar 234 penerbangan domestik dan 83 penerbangan internasional dan lintas selat dibatalkan.

Topan tersebut menyebabkan setidaknya dua korban jiwa di Filipina, dengan seorang wanita tertimpa pohon tumbang dan seorang anak laki-laki berusia 16 tahun tertimpa tanah longsor, demikian dilaporkan AFP pada Rabu (26/07/2023), mengutip pejabat setempat. Badan pengurangan risiko bencana mengatakan sedang memverifikasi laporan adanya lima orang yang tewas.