Logo Bloomberg Technoz

Alasan Kemenhub Minta PSN Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Dicoret

Sultan Ibnu Affan
27 July 2023 13:15

Ilustrasi Kereta Cepat (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Kereta Cepat (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengakui telah mengajukan permintaan kepada Kementerian Koordinator bidang Perekonomian untuk mencoret Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) karena proyek tersebut sangat sulit masuk ke dalam daftar PSN yang harus rampung pada 2024 atau akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, Kemenhub saat ini berfokus pada penuntasan dan rencana operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Proyek yang digarap Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) ini memang sudah beberapa kali melakukan uji coba dengan peningkatan kecepatan hingga 300 km/jam dan pemerintah berambisi akan mulai membuka layanan ini bagi masyarakat, 18 Agustus mendatang.

Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya sendiri awalnya adalah tahap lanjutan atau tambahan rute bagi proyek KCJB. Namun, Kemenhub  melalui jubirnya menyatakan belum melakukan sejumlah tahap persiapan atau awal dari proyek  itu. Adita pun mengklaim bentuk proyek transportasi penghubung Jakarta hingga Jawa Timur tersebut belum terkofirmasi.

"Memang belum ada persiapan (Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya)," kata Adita saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (27/7/2023).