Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi AS Membaik, Ekonom The Fed Tak Lagi Perkirakan Resesi

News
27 July 2023 07:10

Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)

Catarina Saraiva dan Steve Matthews - Bloomberg News

Bloomberg, Jerome Powell, Gubernur bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve mengatakan para ekonom the Fed tidak lagi memperkirakan resesi negara tersebut menyusul tanda-tanda ketahanan baru-baru ini dalam data ekonomi.

"Para ekonom memperkirakan perlambatan pertumbuhan yang terlihat mulai akhir tahun ini, tetapi mengingat ketahanan ekonomi baru-baru ini, mereka tidak lagi memperkirakan resesi," kata Powell pada Rabu (26/07/2023) waktu setempat selama konferensi pers setelah pertemuan the Fed.

Pada bulan Maret, setelah kegagalan sejumlah bank regional AS, para ekonom yang berpengaruh The Fed mulai memperkirakan bahwa ekonomi akan memasuki resesi di tahun 2023 nanti. Pada pertemuan terakhir di bulan Juni, mereka pun masih mempertahankan perkiraan tersebut, demikian menurut risalah rapat the Fed pada bulan itu.

Namun para ekonom baik di dalam maupun di luar the Fed telah dikejutkan beberapa pekan terakhir oleh ketahanan pertumbuhan ekonomi AS. Mereka memprediksi laporan triwulanan pada produk domestik bruto yang akan dirilis Kamis untuk menunjukkan ekonomi AS tumbuh sebesar 1,8% tahunan pada periode April hingga Juni.