Logo Bloomberg Technoz

China Copot Menlu Qin Gang Setelah Sebulan Menghilang

News
26 July 2023 08:20

Menteri Luar Negeri China Qin Gang (Sumber: Bloomberg)
Menteri Luar Negeri China Qin Gang (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China mencopot Qin Gang sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu), hanya dalam waktu tujuh bulan setelah menjabat. Keputusan tersebut diambil setelah Qin Gang menghilang secara misterius sejak Juni.

Media pemerintah China melaporkan bahwa posisi Qin Gang akan digantikan oleh pendahulunya, Wang Yi. Akan tetapi, artikel ini tidak memberi penjelasan terkait alasan pergantian yang dilakukan secara tiba-tiba itu. Media pemerintah ini juga tidak menjelaskan apakah Qin masih memegang jabatan wakil rakyat yang merupakan posisi lebih senior.

Badan legislatif tertinggi negara ini membuat pengumuman resmi terkait langkah itu dalam pertemuan singkat pada Selasa (25/7/2023).  Rilis  hasil pertemuan itu menyebutkan bahwa mereka melakukan rapat satu hari setelah Xi Jinping mengumpulkan Politbiro untuk membahas kebijakan eonomi dan “masalah lain”.

Pencopotan Qin mengakhiri spekulasi atas status resminya setelah menghilang selama satu bulan. Akan tetapi, keputusan tersebut belum menjawab pertanyaan yang lebih mendasar terkait alasan menghilangnya pejabat yang dianggap sebagai salah satu menteri pilihan Xi Jinping ini.