Logo Bloomberg Technoz

S&P 500 ditutup pada level tertinggi sejak April 2022, sementara Nasdaq 100 ditutup di atas perkiraan. Dow Jones Industrial Average mengalami kenaikan untuk ke-12 kali secara berturut-turut. Di penutupan, dana perdagangan yang mengikuti Nasdaq 100 (QQQ) bernilai US$210 miliar, naik karena induk Google Alphabet Inc. melaporkan pendapatan yang melebihi ekspektasi analis. 

Microsoft Corp. membukukan pertumbuhan penjualan yang rendah, sementara Texas Instruments Inc. menunjukkan perkiraan yang tidak terlalu baik.

Grafik bursa Asia. (Sumber: Bloomberg)

Meskipun aset China menguat setelah pertemuan Politbiro pada Senin (24/7/2023), para investor masih berhati-hati. Mereka menanti Beijing memberi dukungan yang lebih nyata bagi perekonomian di tengah kekhawatiran kendala utang dan demografi akan membebani pertumbuhan ekonomi negara itu.

Di sisi lain, China mencopot Menteri Luar Negeri yang menghilang pada bulan Juni setelah tujuh bulan menjabat. China juga menunjuk Pan Gongsheng sebagai gubernur bank sentral.

Menjelang keputusan suku bunga oleh Bank Sentral AS, data keyakinan konsumen yang kuat mendukung narasi soft-landing untuk ekonomi AS - namun memperlihatkan bahwa pengambil keputusan itu belum selesai dalam mengatasi tingkat inflasi.

Suku bunga pada kontrak swap masih memasukan kenaikan sebesar 25 basis poin yang mungkin akan ditetapkan oleh the Fed pada Kamis (27/7/2023) dini hari, ditambah kenaikan berikut yang diperkirakan sebesar 12,5 basis di akhir tahun. 

Imbal hasil Treasury dua tahun, yang lebih sensitif terhadap langkah Federal Reserve itu, turun lima basis poin menjadi 4,87%. Sementara pada Selasa, dolar amerika menghentikan kenaikan yang terjadi dalam lima hari.

Sementara itu, harga minyak sedikit tergelincir pada Rabu setelah belakangan naik akiba pengetatan pasokan dan optimisme bahwa pemerintah China akan meningkatkan perekonomian negara.

(bbn)

No more pages