Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Cari Utang Rp14 T Melalui Lelang SUN Hari Ini

Ruisa Khoiriyah
25 July 2023 08:50

Ilustrasi rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ilustrasi rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ini pemerintah menggelar lelang Surat Utang Negara dengan target indikatif Rp14 triliun serta target maksimal penyerapan hingga Rp21 triliun.

Ada tujuh seri yang akan dilelang hari ini di mana dua seri adalah berjenis SPN dan lima seri lainnya adalah FR. Lelang akan dimulai pukul 09.00 dan akan ditutup pada 11.00 WIB, Selasa (25/7/2023). 

Untuk seri SPN, alokasi pembelian non kompetitif dibatasi maksimal 50% dari yang dimenangkan. Sementara seri FR dibatasi maksimal 30% dari nilai yang dimenangkan.

Lelang hari ini dilangsungkan di tengah penantian pelaku pasar akan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang akan diumumkan pada siang jelang sore hari nanti. Mayoritas ekonom memperkirakan BI akan mempertahankan lagi bunga acuan di level 5,75%.

Animo pemodal dalam lelang hari ini diperkirakan akan cukup tinggi sejurus dengan tengah naiknya pamor SUN di pasar sekunder. Pada penutupan perdagangan kemarin, tingkat imbal hasil SUN tenor 10 tahun melandai ke posisi 6,240% mencerminkan mulai maraknya aksi beli di pasar SUN meski pada pagi ini terlihat ada tekanan yang mengerek lagi level imbal hasil.