Logo Bloomberg Technoz

Rute Alternatif Ekspor Biji-bijian Ukraina jadi Sasaran Rusia

News
25 July 2023 08:30

Ilustrasi Gandum (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Gandum (Dok Bloomberg)

Áine Quinn, Kateryna Choursina, dan Daryna Krasnolutska - Bloomberg News

Bloomberg, Harga gandum dan jagung melonjak setelah Rusia menyerang salah satu pelabuhan sungai Danube terbesar di Ukraina. Hal ini meningkatkan tantangan untuk rute ekspor biji-bijian Kyiv dan perdagangan pangan dunia.

Serangan pesawat tak berawak (drone) semalam menghantam pelabuhan Danube di Reni, menurut para sumber yang mengetahui perihal tersebut. Komando militer operasional Ukraina wilayah selata sebelumnya mengatakan via Facebook bahwa hanggar biji-bijian di pelabuhan Danube telah dihancurkan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. 

Harga gandum futures untuk pengiriman September naik 8,6% di Chicago pada Senin (24/07/2023) berdasarkan batas harga bursa harian, di US$7,5750 per gantang. Futures jagung untuk bulan Desember ditutup naik 6% pada US$5,6825 per gantang, level tertinggi dalam hampir sebulan.

Reni dan Izmail, adalah salah satu pelabuhan sungai terbesar di Ukraina untuk biji-bijian dan terletak di susngai Danube di perbatasan dengan Rumania. Para pedagang setempat memperluas kapasitas pelabuhan tersebut setelah Rusia melakukan blokade laut.