Logo Bloomberg Technoz

Menko Airlangga Diperiksa 12 Jam, Hadapi 46 Pertanyaan Penyidik

Arif Subakti
24 July 2023 21:54

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejagung, Senin (24/7/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristrianto)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejagung, Senin (24/7/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristrianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Usai 12 jam pemeriksaan, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto keluar dari gedung Kejaksaan Agung. Ketua Umum Partai Golkar ini mengaku menjawab 46 pertanyaan yang diajukan.

“Saya hari ini hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tadi disampaikan, saya telah menjawab 46 pertanyaan dan mudah mudahan pertanyaan sudah dijawab dengan sebaik-baiknya,” cerita Menko Airlangga di Jakarta, Senin (24/7/2023) malam.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) Kuntadi menambahkan, "Seperti yang disampaikan beliau ada 46 pertanyaan dan telah dijawab dengan baik oleh beliau."

Diketahui kehadiran Airlangga dalam kaitannya sebagai saksi kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak sawit mentah. Dalam kapasitasnya sebagai menteri koordinasi bidang ekonomi, penyidik melakukan pendalaman terkait kebijakan ekspor crude palm oil (CPO)  tersebut.

Kuntadi menjelaskan pemeriksaan Airlangga terkiat dengan tiga korporasi yang telah ditetapkan sebagai tersangka korporasi terkait dugaan korupsi fasilitas izin ekspor CPO dan turunannya tahun 2021-2022.