Logo Bloomberg Technoz

Bertemu Portugal, RI Sesalkan Lagi Diskriminasi Sawit UE

News
24 July 2023 18:50

Konfrensi pers Menteri Luar Negrri, Retno Marsudi mengenai online scams, evakuasi sudan dan KTT ke-42 Asean. (Dok. Kemenlu RI)
Konfrensi pers Menteri Luar Negrri, Retno Marsudi mengenai online scams, evakuasi sudan dan KTT ke-42 Asean. (Dok. Kemenlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Portugal Joao Gomes Cravinho di Jakarta pada Senin (24/7/2023). Kedua menteri membahas tentang investasi hingga kelapa sawit.

Retno menyoroti pertumbuhan yang luar biasa terhadap nilai investasi Portugal di Indonesia. Nilainya tumbuh secara signifikan sebesar 2.000% dari 2019 hingga 2022. 

“Investasi pada energi terbarukan dan ekonomi biru dibahas sebagai sektor prioritas,” kata Retno dalam rilis resmi setelah pertemuan.

Menteri Luar Negeri kedua negara juga membahas tentang kerja sama di sektor kelapa sawit. Impor minyak sawit Indonesia oleh Portugal meningkat sebesar 77% dari 2019 hingga 2022. Akan tetapi Retno menyampaikan keprihatinan terkait kebijakan Uni Eropa tentang kelapa sawit yang diskriminatif, melalui European Union Deforestation (EUDR).

“Saya menegaskan kembali selama percakapan (kami) soal keprihatinan saya pada sejumlah kebijakan diskriminatif yang diambil oleh Uni Eropa termasuk EUDR," kata dia lagi.