Logo Bloomberg Technoz

“Mudah-mudahan kita bisa ikut menyebarkan kebutuhan gula itu, termasuk pabrik-pabrik gula yang ada di Indonesia yang produksi gula kristal putih untuk bisa ikut membantu menyebarkan itu ke seluruh Indonesia. Jadi, harapan kita bisa terpenuhi,” tutur Buwas.

Berdasarkan data prognosa Neraca Pangan Nasional 2023 Badan Pangan Nasional (Bapanas), stok awal gula konsumsi pada 2023 adalah 1.110.517 ton. Sementara itu, perkiraan produksi gula konsumsi dalam negeri adalah 2.600.000 ton dan total ketersediaannya adalah 3.710.517 ton.

Adapun, kebutuhan gula konsumsi tahunan adalah 3.401.521 ton dengan kebutuhan bulanan 283.460 ton. Berdasarkan analisis Bapanas, diperlukan 991.000 ton gula kristal putih untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Lebih lanjut, Buwas, demikian sapaan akrabnya menyebut pihaknya bukan berarti tinggal diam atau tidak akan ambil bagian dalam penyaluran gula. Bulog akan melakukan pendekatan ke pihak yang mendapatkan kuota impor untuk ikut mendistribusikan kebutuhan gula jelang puasa dan lebaran. 

"Kita akan melakukan pendekatan terhadap mereka-mereka yang mendapatkan kuota untuk impor. Mudah-mudahan kita bisa ikut menyebarkan kebutuhan gula itu, termasuk pabrik-pabrik gula yang ada di Indonesia yang produksi gula kristal putih untuk bisa kita ikut membantu menyebarkan itu," jelasnya.

(rez)

No more pages