Logo Bloomberg Technoz

Temasek sedang mencari tahu tentang bagaimana Ant sampai mendapatkan valuasi berjumlah 567,1 miliar yuan atau US$78,9 miliar (Rp1.183 triliun). Pasalnya nilai ini 70% lebih dari perkiraan awal kapitalisasi pasar tiga tahun lalu, yaitu US$280 miliar (Rp4.200 triliun).

Otoritas menghukum Ant dan Tencent pada Juli dengan keputusan denda US$1 miliar. Langkah ini menjadi akhir dari kebijakan keras otoritas terhadap grup bisnis teknologi, yang sebelumnya bergerak leluasa di China.

Ant mengikuti arahan Beijing untuk menyelesaikan perombakan, meski langkah ini memengaruhi keuntungan dan mengurangi pertumbuhan pada platform secara lebih luas, termasuk pada bisnis pinjaman, asuransi, hingga manajemen aset.

Alipay milik Ant tetap menjadi pilihan pembayaran utama di platform belanja online Taobao dan Tmall milik Alibaba. Alipay juga menjadi kunci dari bisnis cloud perusahaan bernilai US$11 miliar tersebut.

Langkah Alibaba ke depan adalah memecah 6 grup bisnisnya menjadi entitas usaha terpisah. Hal ini guna meraih keuntungan. Dari 6 divisi menjadi 6 perusahaan independen, untuk kemudian melakukan pendanaan secara mandiri. Targetnya adalah memulai debutnya di pasar lewat penjualan perdana saham atau IPO.

(bbn)

No more pages