Logo Bloomberg Technoz

Sektor-sektor kunci yang didorong untuk investasi swasta itu di antaranya transportasi, konservasi air, energi bersih, infrastruktur baru, manufaktur canggih, dan fasilitas pertanian modern.

NDRC mengatakan otoritas akan membuat ada daftar proyek besar, proyek rantai pasokan utama, dan proyek waralaba untuk investasi swasta.

Badan itu juga akan membangun platform proyek bagi perusahaan untuk mengakses informasi dengan lebih mudah.

Investasi swasta di China telah mengalami kontraksi tahun ini karena bisnis, yang terpukul oleh pandemi selama bertahun-tahun dan penegakan peraturan yang keras di sektor-sektor utama seperti properti dan teknologi, yang saat ini mengalami pemulihan yang melambat.

Para pejabat pemerintah telah bertemu dengan beberapa bos dunia usaha pada tahun ini, termasuk dengan para investor global pada Jumat lalu dalam upaya untuk membalikkan sentimen. Namun, para investor masih skeptis tentang komitmen China itu. 

NDRC juga akan merekomendasikan proyek-proyek di bank proyek investasi swasta utama nasional dan meningkatkan koordinasi dengan bank-bank sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi kesulitan pembiayaan di perusahaan.

Sektor swasta menghasilkan lebih dari 60% produk domestik bruto (PDB) China dan menyumbang lebih dari 80% pekerjaan di perkotaan. Namun, investasi sektor tersebut hanya menyumbang 53% dari keseluruhan investasi aset tetap pada akhir Juni, turun dari puncaknya sebesar 65% pada Mei 2015, menurut perhitungan data resmi Bloomberg.

(bbn)

No more pages