Logo Bloomberg Technoz

Menlu Blinken Bicara Peluang Perbaikan Hubungan AS-China

News
24 July 2023 10:00

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ( Andrea Verdelli/Bloomberg)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ( Andrea Verdelli/Bloomberg)

Tony Czuczka - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa seluruh dunia sangat ingin melihat hubungan AS-China yang dikelola secara bertanggung jawab dan ia mendesak China untuk melakukan bagiannya.

Komentar ini disampaikan Antony Blinken dalam acara Global Public Square (GPS) CNN yang dipandu Fareed Zakaria. Pernyatakaan ini mengisyaratkan adanya kekhawatiran di antara para sekutu Amerika, termasuk di Eropa, bahwa upaya AS melawan China secara militer dan ekonomi memaksa mereka untuk memilih kubu dalam Perang Dingin yang baru.

"Ada sinyal permintaan yang jelas yang saya dengar di seluruh dunia ke mana pun saya pergi bahwa masing-masing dari kita, Amerika Serikat dan China, akan mengelola hubungan ini secara bertanggung jawab," kata Blinken dalam wawancara yang disiarkan pada Minggu (23/7/2023).

Ilustrasi Bendera AS dan China (Sumber: Bloomberg)

Blinken mengutip kunjungan diplomatik para pejabat tinggi ke China sebagai sebuah tanda bahwa AS mencoba untuk setidaknya memberikan stabilitas ke dalam hubungan antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini.