Logo Bloomberg Technoz

21 Juli: Konstruksi

Dewan Negara, yang diketuai oleh Perdana Menteri Li Qiang, menyatakan akan menggenjot dukungan bagi pembangunan properti dengan meningkatkan renovasi di area desa perkotaan. Mereka juga akan mencari lebih banyak modal swasta pada proyek memperluas permintaan domestik dan mendorong pembangunan kota ini.

21 Juli: Mobil

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, badan perencanaan ekonomi utama China, merilis rencana 10 langkah dalam meningkatkan pembelian mobil, terutama kendaraan energi baru dengan menurunkan biaya pengisian kendaraan listrik dan memperpanjang keringanan pajak. Pada bulan Juni, Kementerian Perdagangan negara itu meluncurkan kampanye promosi selama enam bulan untuk meningkatkan pembelian mobil dan mendorong penggunaan kendaraan listrik di daerah pedesaan.

Perlambatan ekonomi China (Sumber: Bloomberg)

20 Juli: Mata uang

Bank sentral, Bank Rakyat China (PBOC) menyesuaikan beberapa aturan untuk memungkinkan perusahaan meminjam lebih banyak dari luar negeri, membuka pintu bagi lebih banyak arus masuk modal asing. Mereka juga menerapkan penetapan harian yang lebih kuat untuk mata uang.

19 Juli: Sektor Swasta

Partai Komunis dan pemerintah mengeluarkan ikrar bersama untuk memperbaiki kondisi bisnis swasta. Mereka menguraikan 31 langkah yang mencakup komitmen untuk memperlakukan perusahaan swasta sama seperti badan usaha milik negara, berkonsultasi lebih banyak dengan dunia usaha dalam menyusun kebijakan, dan memangkas hambatan bagi perusahaan untuk masuk ke pasar.

18 Juli: Barang Rumah Tangga

Tiga belas departemen pemerintah menguraikan rencana untuk meningkatkan pengeluaran rumah tangga untuk segala hal mulai dari peralatan listrik hingga furnitur. Otoritas lokal didorong untuk membantu warga memperbaiki rumah mereka, dan warga harus mendapatkan akses kredit yang lebih baik untuk membeli produk rumah tangga.

Konsumsi masyarakat China (Sumber: Bloomberg)

13 Juli: Teknologi

Regulator internet China merilis 24 pedoman bagi layanan AI seperti ChatGPT dengan melonggarkan beberapa batasan yang diusulkan beberapa bulan sebelumnya. Regulator keuangan juga tak lagi menindak keras sektor ini setelah hampir dua tahun ini, di mana mereka mengenakan denda lebih dari US$1 miliar pada raksasa teknologi Ant Group Co. dan Tencent Holdings Ltd. 

10 Juli: Properti

Regulator keuangan memperpanjang keringanan pinjaman bagi pengembang untuk rumah yang sedang dibangun. PBOC juga mengisyaratkan bahwa bank akan dapat menegosiasikan kembali kontrak KPR atau memperpanjang pinjaman baru untuk menurunkan biaya pembiayaan pinjaman rumah. Regulator juga mempertimbangkan untuk melonggarkan pembatasan pembelian rumah di kota-kota terbesar di negara itu, yang berpotensi menghilangkan rintangan yang telah menahan permintaan properti di Beijing dan Shanghai selama bertahun-tahun, sebagaimana dilaporkan Bloomberg pada Juli.

13 Juni: Suku Bunga

PBOC memangkas suku bunga acuannya secara mengejutkan untuk memberikan stimulus moneter bagi perekonomian. Langkah tersebut dilakukan menjelang dirilisnya data yang menunjukkan kemerosotan di bidang real estate, penurunan investasi di sektor swasta, serta rekor pengangguran di kalangan kaum muda.

(bbn)

No more pages