Logo Bloomberg Technoz

Pasar Menanti Keputusan Bank Indonesia dan The Fed Pekan Ini

Elisa Valenta
24 July 2023 06:30

Ilustrasi Bank Indonesia (BI). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Dua agenda penting akan mewarnai pasar keuangan dalam pekan ini. Bank Indonesia (BI) akan menentukan kebijakan suku bunga acuannya dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang akan digelar pada 24-25 Juli 2023.

Keputusan BI kemudian dilanjutkan dengan rapat Federal Open Market Committee (FOMC) Bank Sentral AS yang akan  berlangsung 25 - 26 Juli 2023

Hasil konsensus 24 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg pekan lalu memperkirakan BI akan kembali mempertahankan bunga acuan BI7DRR di level 5,75% untuk enam bulan berturut-turut. 

"Kebijakan menahan bunga acuan membantu Indonesia mempertahankan tingkat imbal hasil investasi yang masih menarik bagi pemodal asing," komentar Kunal Kundu dan Vijay Vikram Kannan, ekonom Societe Generale seperti dilansir Bloomberg News.

Tingkat imbal hasil (yield) Surat Utang Negara (SUN/INDOGB) melebar ketika SUN tenor pendek mencatat kinerja melampaui INDOGB tenor panjang dengan prediksi BI baru akan memulai pemangkasan bunga acuan di akhir 2023, menurut perkiraan analis.