Logo Bloomberg Technoz

"Jangan ada lagi berita bohong, banyak itu yang di pemilu-pemilu sebelumnya," papar dia.

Jokowi berpesan agar pemilu yang berlangsung tujuh bulan lagi dapat berjalan dengan baik. “Suhu politik sudah mulai menghangat menghadapi Pemilu 2024. Kita harus mempersiapkan dan menjaga pemilu tahun depan agar hasilnya baik, dan prosesnya baik,” tegas dia.

Menurut Jokowi bahwa berbeda pilihan dalam demokrasi adalah hal yang wajar. Sehingga, tidak perlu ada kebencian yang berkepanjangan. Setelah pemilu selesai, Jokowi berharap rakyat akan kembali bersatu.

“Semoga pesta demokrasi di 2024 berjalan sukses, menghasilkan kepemimpinan yang kokoh, baik di eksekutif maupun legislatif untuk meneruskan perjuangan dan capaian yang telah kita perjuangkan bersama-sama,” pungkas Jokowi.

Dalam Harlah Jokowi hadir ditemani ibu negara Iriana, dan putranya sekaligus Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Terdapat pula beberapa pengurus partai politik pendukung pemerintah, termasuk ketua partai, juga pimpinan lembaga negara, seperti Prabowo Subianto, Airlangga Hartanto, Zulkifli Hasan, dan Puan Maharani.

Jokowi juga memberi ucapan selamat kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang berhasil memimpin partai selama 18 tahun. PKB juga dinilai Presiden telah memberi  kontribusi besar bagi negara.

“PKB menjaga demokrasi dan moralitas politik, memperkokoh ideologi Islam moderat, dan menjaga toleransi Bhineka Tunggal Ika dan persatuan bangsa,” kata Jokowi di atas panggung.

(wep)

No more pages