Logo Bloomberg Technoz

Pembelian emas Antam tersebut belum termasuk pajak. Terdapat dua beban pajak yang harus ditanggung seperti PPh 22% dan PPN 11%. Perhitungan pajak pertambahan nilai tidak diperhitungkan dalam grand total.

Laju harga emas dunia terakhir terpantau mengalami penurunan 0,53% da berada pada kisaran US$1.961/ons. Namun dalam satu bulan terakhir emas dunia masih tercatat naik 3,02%. Terjadi gairah laju kenaikan harga sekitar 2,1% di pasar spot dalam sepekan terakhir ini dengan posisi terakhir pada akhir perdagangan Jumat di posisi US$1.964/ons.

Sementara dilansir Bloomberg News harga emas berjangka dunia mengalami penurunan 0,3% menjadi US$2.0003/ons. Koreksi yang terjadi pada Jumat memangkas keuntungan yang diperoleh investor pada pekan ini.

Pelaku pasar juga mencermati peluang berakhirnya siklus pengetatan moneter bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed), hingga mendorong laju harga emas. Analis mengungkapkan akan terjadi satu kali kenaikan tingkat bunga sekitar 25 bps menjadi  5,25-5% pada rapat yang berlangsung pekan depan.

Tanpa sentimen kenaikan suku bunga, emas diuntungkan. Sebab, emas adalah aset yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding asset) yang bisa menjadi pilihan dalam iklim suku bunga rendah.

(wep)

No more pages