Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Memuji Kejaksaan yang Raih Kepercayaan Tertinggi Publik

Yunia Rusmalina
22 July 2023 09:40

Presiden RI Joko Widodo memberi sambutan dalam Upacara Peringatan ke-63 Hari Bhakti Adhyaksa (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden RI Joko Widodo memberi sambutan dalam Upacara Peringatan ke-63 Hari Bhakti Adhyaksa (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo memuji pencapaian Kejaksaan Agung RI yang berhasil meraih tingkat kepercayaan publik tertinggi dalam sembilan tahun terakhir. Akan tetapi, Jokowi, demikian nama sapaan orang nomor satu di Indonesia itu, menilai tantangan akan lebih besar dalam mempertahankan kepercayaan masyarakat tersebut. 

Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara dan memberikan sambutan dalam upacara Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 Kejaksaan Agung RI yang dipusatkan di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI Ragunan, Jakarta, Sabtu pagi (22/07/2023). 

Dalam pidato tersebut Jokowi menggarisbawahi kenaikan tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung yang mencapai level tertinggi dalam sembilan tahun terakhir.  Pada Agustus tahun lalu, merujuk hasil riset sebuah lembaga survei, tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan mencapai 75,3%. Lalu, pada Juli 2023 tingkat kepercayaan publik terhadap korps Adhyaksa melejit ke angka 81,2%. Itu adalah level tertinggi dalam sembilan tahun terakhir.

"Ini sangat tinggi, angka tertinggi dalam kurun 9 tahun terakhir, jadi saya ingin mengucapkan selamat, " tutur Jokowi dalam acara upacara memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI Ragunan, Jakarta, pagi ini.

Namun, pencapaian itu menurut Jokowi akan mendapatkan tantangan ke depan dalam mempertahankannya agar terus di level tinggi. "Namun, hati-hati, sekali lagi saya tekankan harus hati-hati karena mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat itu tidak gampang, jangan cepat berpuas diri, kepercayaan masyarakat ini harus dipertahankan, kepercayaan masyarakat ini harus ditingkatkan," tandas Jokowi.