Logo Bloomberg Technoz

Eksekutif Alibaba yang Terjegal Skandal Kini Menjabat Lagi

News
22 July 2023 07:42

Ilustrasi Logo Alibaba (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Logo Alibaba (Sumber: Bloomberg)

Lin Cheng - Bloomberg News - 

Bloomberg, Alibaba Group Holding Ltd. telah memutuskan mengembalikan lagi posisi Kepala International E-Commerce menjadi apa yang disebut "kemitraan" eksekutif berpengaruh pada Jiang Fan setelah ia diturunkan dan disingkirkan dari grup pada 2020 menyusul skandal online.

Kembalinya Jiang Fan dalam kemitraan terungkap dalam laporan tahunan Alibaba yang dirilis pada Jumat kemarin. Jiang menjabat sebagai presiden unit tersebut sejak Januari 2022, sebelum Alibaba mengumumkan perombakan perusahaan untuk dibagi menjadi enam bagian. Restrukturisasi menjanjikan realisasi beberapa penawaran umum perdana, termasuk unit belanja online luar negeri Jiang.

Divisi perdagangan digital melihat pertumbuhan pesat di bawah Jiang, dengan pendapatan naik 29% untuk kuartal yang berakhir 31 Maret dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Volume pesanan gabungan dari bisnis ritelnya tumbuh 15% selama waktu itu.

Jiang dikeluarkan dari kemitraan, yang terdiri dari 38 orang yang mempengaruhi susunan dewan, setelah istrinya turun ke media sosial untuk memperingatkan wanita lain agar tidak "mengacaukan" suaminya. Unggahan tersebut memicu spekulasi online tentang perselingkuhan dan pertanyaan tentang keputusan bisnis dan investasi Alibaba. Episode itu menjadi bencana hubungan masyarakat bagi perusahaan.