Logo Bloomberg Technoz


"Singapura ini sekali lagi saya tidak akan bosan. Ini bukan uang Singapura semua tapi sebagai hub sebagian investasi ini orang Indonesia. Saya sudah ngomong investor Indonesia, kita belum punya financial center," tutur Bahlil.

Menyusul Singapura di peringkat pertama, China menjadi negara asal investasi terbesar kedua dengan total investasi yang masuk US$2,6 miliar.

Sementara itu Hong Kong berada di peringkat ketiga negara dengan asal investasi terbesar dengan nilai mencapai US$2 miliar. Keempat adalah Jepang dengan nilai investasi US$1 miliar sementara Malaysia peringkat ke lima dengan total investasi US$800 juta.

Adapun sektor yang paling banyak menerima aliran dana asing antara lain sektor industri logam dasar, barang logam bukan mesin dan peralatannya US$2,5 miliar.

Selanjutnya sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi US$1,9 miliar, Industri Kimia dan Farmasi US$1,3 miliar. Pertambangan US$1,2 miliar dan Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran US$800 juta.

Secara kumulatif (Januari-Juni 2023), total PMA yang masuk ke Indonesia mencapai Rp363,3 triliun atau tumbuh 17,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

(yun/evs)

No more pages