Logo Bloomberg Technoz

Respons BRI Soal Kabar Penghentian KPR Pegawai BUMN Karya

Dityasa Hanin Forddanta
21 July 2023 14:40

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (Dimas Ardian/Bloomberg)
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dikabarkan mengambil sikap serupa seperti PT Bank Mandiri (Tbk) terkait rencana penghentian pembiayaan atau kucuran kredit kepada pegawai tiga BUMN Karya. Ketiganya, yakni PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Amarta Karya.

Penghentian kredit kabarnya berlaku untuk kredit kendaraan bermotor. Penghentian juga disebut akan dilakukan untuk kredit kepemilikan rumah (KPR).

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menjelaskan, BRI saat inisudah tidak menyalurkan kredit kendaraan bermotor secara langsung. Penyalurannya dilakukan dengan cara channeling kepada multifinance.

Penyaluran tersebut dilakukan dengan skema joint finance. "Selain itu, dalam rangka sinergi dengan perusahaan anak, per 1 Oktober 2020 BRI juga telah menunjuk BRI Finance sebagai penyalur KKB," jelas Aestika kepada Bloomberg Technoz, Jumat (21/7/2023).

Sementara untuk KPR, Aestika mengatakan, tidak ada instruksi khusus untuk menghentikan KPR kepada pegawai BUMN Karya. "Terkait penyaluran KPR kepada pegawai BUMN Karya, BRI tetap memproses dengan kelayakan masing masing individu," imbuhnya.