Logo Bloomberg Technoz

Maskapai Enggan Masuk Kertajati, Kemenhub Tak Akan Paksa

Sultan Ibnu Affan
21 July 2023 11:40

Ilustrasi Bandara Kertajati (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Bandara Kertajati (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz,  Jakarta –  Kementerian Perhubungan belum akan menerapkan kebijakan punitif yang mengharuskan maskapai penerbangan untuk merelokasi atau membuka rute baru di Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat.

Kabag Humas Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub M. Khusnu mengatakan untuk saat ini relokasi penerbangan komersial berbayar berbasis pesawat jet dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung ke Kertajati masih bersifat imbauan kepada maskapai.

“Untuk tindakan punitif masih belum. Intinya kami imbau [maskapai untuk relokasi ke Bandara Kertajati], karena Bandara Husein akan kami tutup untuk jet internasional,” ujarnya saat dihubungi Bloomberg Technoz, Jumat (21/7/2023).

Saat ditanya bagaimana sikap Kemenhub bila maskapai enggan membuka rute penerbangan di Kertajati, Khusnu meyakini hal itu tidak akan terjadi. Sebab, pemerintah pun sedang memutar otak agar maskapai tidak rugi saat beroperasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) itu.

“Jangan berandai-andai. Intinya begini, kalau maskapai enggak mau ya setop. Karena kami pun enggak bisa [memaksa]. Kalau mereka [maskapai] rugi, misalnya, apa kami akan nanggung? Makanya, dicari formula yang jelas supaya bisnis lancar. Kan enggak mungkin mereka mau rugi terus. Kalau enggak mau, ya enggak terbang. Gitu aja,” tuturnya.