Logo Bloomberg Technoz

Ukraina Ancam Balik Kapal Rusia, Tensi di Laut Hitam Naik

News
21 July 2023 07:50

Kapal yang mengangkut biji-bijian berlayar di Selat Bosporus saat Rusia setuju melanjutkan kesepakatan ekspor dengan Ukraina. (Sumber: Bloomberg)
Kapal yang mengangkut biji-bijian berlayar di Selat Bosporus saat Rusia setuju melanjutkan kesepakatan ekspor dengan Ukraina. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Ukraina menyebut setiap kapal yang menuju ke pelabuhan Rusia kemungkinan adalah sasaran militer mereka, tanggapan ini adalah balasan terhadap ancaman dari Moskow.

Rusia menghentikan perjanjian Laut Hitam yang memungkinkan Ukraina mengekspor sebagian dari panen biji-bijiannya. Menyusul hal tersebut, Rusia telah menyerang fasilitas penyimpanan biji-bijian Ukraina dan memperingatkan bahwa semua kapal yang menuju ke pelabuhan Ukraina akan dianggap sebagai pembawa pasokan militer yang potensial.

Harga gandum dunia melonjak pada Rabu lalu (19/07/2023) dan melonjak lagi ketika Kementerian Pertahanan di Kyiv mengatakan setiap kapal yang menuju ke pelabuhan di Rusia dan wilayah Ukraina yang diduduki oleh pasukan Kremlin juga merupakan target yang militer mereka.

Ancaman yang meningkat terhadap perdagangan penting di Laut Hitam meningkatkan risiko gejolak di pasar global untuk segala hal mulai dari minyak, makanan pokok, hingga pupuk. Serangan Rusia terhadap tetangganya itu telah sangat mengganggu ekspor dari Ukraina, produsen utama biji-bijian dan minyak nabati.

Harga gandum (Sumber: Bloomberg)