Logo Bloomberg Technoz

Anies Baswedan Cari Cawapres Tanpa Masalah Hukum

Sultan Ibnu Affan
20 July 2023 19:40

Anies Baswedan. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Anies Baswedan. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden Anies Baswedan membocorkan kriteria utama sosok yang cocok menjadi pendampingnya pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Dia mengklaim, telah memiliki lima kriteria calon wakil presiden atau cawapres yang akan diusung koalisi perubahan untuk persatuan atau KPP.

Kriteria pertama, kata dia, sosok bakal cawapres tersebut dapat membantu pemenangan atau meningkatkan elektabilitas pada Pemilu 2024. Kedua, sosok tersebut mampu mempersolid koalisi yang terdiri dari Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kriteria ketiga adalah bisa membantu dalam proses pemerintahan usai menang Pemilu. Keempat, memiliki visi yang sama sehingga tak menjadi matahari kembar dalam pemerintahan. Kelima, sosok tersebut memiliki kepribadian yang cocok dengan Anies.

"Punya kemistri yang baik sehingga bisa menjadi dwitunggal," kata Anies, Kamis (20/7/2023).

Akan tetapi, seiring proses menuju Pemilu 2024, Anies mengklaim menemukan satu kriteria tambahan yang lebih penting dari lima kriteria sebelumnya. Dia menyebutnya sebagai kriteria nomor nol '0'.