Logo Bloomberg Technoz

Untuk diketahui, pemerintah berencana menjadikan Pelabuhan Patimban dan Bandara Internasional Kertajati sebagai pusat logistik di, masing-masing sebagai hub bandara kargo dan hub pelabuhan petikemas di Jawa Barat.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebelumnya mengatakan pembangunan infrastruktur untuk mendorong perekonomian Jawa Barat ini makin lengkap dengan adanya pembangunan kawasan ekonomi di Subang dan Sukabumi.

"Kami baru saja ditugaskan untuk membangun Kawasan Industri Subang yang merupakan satu kawasan yang menyeluruh. Ini menjadi konektivitas yang menjadi satu antara logistik dan manusianya," ujarnya.

Selain itu pemerintah juga akan segera membangun kawasan industri di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kawasan industri tersebut akan terhubung ke pusat logistik Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati.

Untuk diketahui, Bandara Kertajati akan beroperasi penuh per Oktober 2023, sedangkan Pelabuhan Patimban –yang pengembangannya ditargetkan selesai pada 2027– diharapkan dapat menjadi kompetitor bagi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

(krz/wdh)

No more pages