Logo Bloomberg Technoz

Ganjar Sebut 3 Alasan bahwa Proyek IKN harus Lanjut

Sultan Ibnu Affan
20 July 2023 16:40

Ganjar Pranowo dan Puan Maharani saat menghadiri acara puncak Bulan Bung Karno di GBK, Juni 2023 (Dok. PDIP)
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani saat menghadiri acara puncak Bulan Bung Karno di GBK, Juni 2023 (Dok. PDIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan, ada beberapa alasan penting bahwa pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur harus tetap dilanjutkan.

Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP) tersebut mengatakan bahwa proyek IKN tersebut telah masuk dan menjadi amanat dalam undang undang. Dengan demikian lanjutnya, IKN menjadi wajib dilakukan bagi pemimpin negara.

"Siapa pun pemimpin nasional nanti karena di UU, sesuai dengan sumpah, presiden atau kepala daerah disumpah untuk melaksanakan UU," kata Ganjar saat menghadiri acara Indonesia Data and Economic Conference secara virtual di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Alasan kedua, katanya, pemindahan ibu kota tersebut bukan semata-mata memindahkan infrastruktur  melainkan mindset untuk menciptakan kota yang berteknologi masa depan.

"Ada persepsi yang waktu saya wawancara dengan pelaksana IKN dan masyarakat, ada mimpi besar bahwa di sana kota dengan teknologi masa depan. Alat transportasi tidak lagi berbasis fosil, itu contohnya. Lalu kemudian sekolah rumah sakitnya telah tersedia. Ini betul-betul pemimpi kemajuan yang dimulai dari nol. Sehingga (nantinya bisa) adaptasi dengan indonesia," ungkapnya.