Logo Bloomberg Technoz

Hal ini sejalan dengan pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas yang memastikan sebanyak 11.000 aparatur sipil negara (ASN) akan pindah ke IKN, sementara Badan Pusat Statistik (BPS) per 2022 mencatat terdapat 10.679.951 penduduk di DKI Jakarta.

Menurut Ferry, masa depan Jakarta dan IKN akan seperti negara tetangga, yakni Malaysia.  “Jakarta akan tetap pada fungsinya  sebagai pusat komersial, seperti Kuala Lumpur yang tidak kehilangan daya tariknya walaupun tidak menjadi pusat pemerintahan [setelah bergeser ke Putrajaya],” jelasnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Real Estate Indonesia (REI), kisaran harga tanah per meter di DKI Jakarta pada 2023 berada di atas Rp20 juta.

Lebih terperinci, kisaran harga tanah per meter di Jakarta Selatan adalah Rp40 juta—Rp60 juta, Jakarta Timur Rp30 juta—Rp45 juta, Jakarta Barat Rp25 juta—Rp40 juta, Jakarta Utara Rp20 juta—Rp35 juta, dan Jakarta Pusat Rp35 juta—Rp50 juta. 

(krz/wdh)

No more pages