Logo Bloomberg Technoz

Colliers: IKN Rampung, Jangan Harap Harga Tanah DKI Turun

Krizia Putri Kinanti
20 July 2023 14:10

Aktivitas pengendara di Jalan Jend. Sudirman, Jakarta, Indonesia (Dok Bloomberg/Muhammad Fadli)
Aktivitas pengendara di Jalan Jend. Sudirman, Jakarta, Indonesia (Dok Bloomberg/Muhammad Fadli)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Senior Associate Director Research Colliers International Ferry Salanto menyarankan agar masyarakat jangan terlalu berharap harga tanah di Jakarta turun, setelah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rampung.

“Terlalu ngarep harga tanah Jakarta turun setelah IKN jadi. Tanah Jakarta akan susah turun karena Jakarta didesain sebagai pusat komersial. IKN kan hanya memindahkan kegiatan penyelenggaraan negara, kegiatan pemerintahan, tetapi komersial tetap di Jakarta,” ujarnya pada rilis laporan properti Colliers kuartal II-2023, Kamis (20/7/2023).

Tidak akan turunnya harga tanah di Jakarta ini, menurut Ferry, dipicu oleh infrastruktur di Jakarta yang masih akan berkembang seperti mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT) yang rutenya masih akan terus diperpanjang.

MRT Jakarta melaporkan konstruksi CP 201 alias proyek MRT Stasiun Thamrin dan Monas Fase 2 telah mencapai 56,2% per 25 April 2023.

Lebih lanjut, Ferry mengungkapkan para pencari nafkah di Jakarta akan tetap banyak, kendati nantinya akan terjadi migrasi besar-besaran dari kalangan pegawai pemerintahan ke IKN Nusantara.