Logo Bloomberg Technoz

RI Mau jadi Negara Maju, Ini Jenis Pekerjaan yang Dibutuhkan

Sultan Ibnu Affan
20 July 2023 14:20

Suasana penumpang KRL Commuter line di Stasiun Manggarai, Selasa (30/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana penumpang KRL Commuter line di Stasiun Manggarai, Selasa (30/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia menargetkan menjadi negara maju pada 2045 mendatang, oleh sebab itu Indonesia harus mengoptimalkan masa bonus demografi hingga 2035 mendatang.

Airlangga lantas membeberkan bahwa beberapa pekerjaan yang dinilai penting untuk mendorong perekonomian Indonesia di masa depan. Beberapa pekerjaan itu antara lain seperti Apps and System Developer, Data Scientist, Cloud Solution, Heavy Truck Driver, Agriculture & Plantation Manager, hingga Bio-scientist. Namun, profesi tersebut hingga kini masih belum terpenuhi.

"Kesempatan kita terbatas hanya sampai di tahun 2035-2040 mendatang. Untuk memaksimalkan peluang tersebut, generasi muda perlu disiapkan dengan baik agar mampu relevan dengan kebutuhan industri atau didorong untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja, termasuk meningkatkan skill digital," kata Airlangga dalamforum Indonesia Data and Economic Conference 2023, Kamis (20/7).

Saat ini, ia mengatakan Indonesia telah mendekati periode puncak bonus demografi, atau periode ketika rasio ketergantungan penduduk yang paling rendah, yang terjadi hanya satu kali dalam sejarah peradaban suatu negara.  Ia mengatakan periode tersebut itu harus bisa dioptimalkan.

Pasalnya, kata dia, bonus demografi tersebut diharapkan dapat membantu sumber daya manusia yang  juga dapat mendongkrak Indonesia menjadi negara maju atau high income country pada 2045 mendatang.