Logo Bloomberg Technoz

Usai Tol Bengkulu–Taba Penanjung, Ini PR Trans-Sumatra di 2023

Krizia Putri Kinanti
20 July 2023 13:30

Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, 20 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, 20 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah mengebut penuntasan proyek-proyek strategis  nasional di lintas Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS), setelah diresmikannya Jalan Tol Bengkulu—Taba Penanjung oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini.

Jokowi mengatakan Jalan Tol Bengkulu—Taba Penanjung ini akan menunjang mobilitas logistik dan manusia, serta memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Sumatra.

Tol sepanjang 16,7 km tersebut, kata Presiden, menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun. Ruas jalan bebas hambatan tersebut juga merupakan bagian dari ruas tol Bengkulu—Lubuk Linggau.

“Kita harapkan dengan selesainya jalan tol ini akan ruas akan mempercepat pertumbuhan ekonomi, mobilitas orang dan barang, dan kita harapkan ini bisa menyejahterakan masyarakat, karena daya saing Bengkulu pasti akan meningkat lebih baik,” ujar Jokowi, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (20/7/2023).

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, 20 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Tahun ini, pemerintah menargetkan setidaknya empat ruas baru JTTS dapat beroperasi penuh. Mereka a.l.a ruas Indrapura—Kisaran sepanjang 47,75 km yang progres konstruksinya telah mencapai 79,49% dan  progres lahannya 78,38% per kuartal I-2023.