Logo Bloomberg Technoz

Dampak Berakhirnya Kesepakatan Ekspor Gandum Ukraina Bagi Dunia

News
20 July 2023 13:20

Ilustrasi Gandum (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Gandum (Dok Bloomberg)

Áine Quinn dan Megan Durisin - Bloomberg News

Bloomberg, Keputusan Rusia untuk menghentikan kesepakatan biji-bijian Laut Hitam dengan Ukraina kembali memicu kekhawatiran terkait pasokan dan akses pangan global. Kesepakatan tersebut sebelumnya berhasil membantu meredam harga gandum dan minyak sayur yang meroket saat serangan Rusia memutus jalur pelabuhan Ukraina di Laut Hitam dari pasar komoditas internasional tahun lalu.

Hasil panen Ukraina masih bisa sampai ke pasar melalui rute lain, akan tetapi biaya transportasi yang lebih tinggi dapat menunda waktu tanam berikutnya yang seharusnya dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Sehingga, hal ini mengancam pembatasan pasokan global dalam jangka panjang.

1. Mengapa Ukraina begitu berpengaruh di pasar pangan global?

Ukraina merupakan negara terbesar kedua di Eropa berdasarkan wilayah, dengan dataran luas dan tanah subur yang ideal untuk pertanian. Makanan dari Ukraina telah berjasa dalam membentuk perjalanan sejarah Eropa, dengan memberi makan populasi di kota-kota industri yang berkembang pesat di abad ke-19, dan menyelamatkan Uni Soviet dari isolasi selama beberapa dekade.