Logo Bloomberg Technoz

PDIP Anggap Pertemuan Budiman Sudjatmiko & Prabowo Tak Etis

Ezra Sihite
19 July 2023 19:50

Budiman Sudjatmiko. (Tangkapan layar via Instagram masbud_sudjatmiko)
Budiman Sudjatmiko. (Tangkapan layar via Instagram masbud_sudjatmiko)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Elite PDIP Perjuangan yang juga anggota DPR Deddy Sitorus mengatakan, Budiman Sudjatmiko tak izin ke partai untuk bertemu dengan Prabowo Subianto, bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Raya tersebut. Namun memang kata dia, posisi Budiman yang bukan pengurus DPP dan juga bukan pejabat publik dari PDIP membuatnya tak harus terancam sanksi.

"Ya silakan saja, kalau pengurus atau punya jabatan pasti dipecat seketika. Dia hanya anggota biasa, jika terbukti nanti mendukung calon di luar partai tentu ada sanksinya," kata Deddy lewat sambungan pesan elektronik pada Rabu (19/7/2023).

Namun dia menilai, pertemuan tersebut kurang etis. Deddy mengatakan, Prabowo memang sedang berusaha mendekati para aktivis yang selama ini dioposisikan dengan dirinya. Hal itu perlu untuk melunturkan citra buruk dari peristiwa penculikan aktivis pada 1998.

"Tetapi persoalannya menurut saya bukan itu. Tetapi etika politik yang hari-hari ini hilang karena menguatnya pragmatisme dan kecenderungan transaksional di kalangan politisi," ucapnya.

"Kalau saya melihat, Prabowo memang sedang berusaha melakukan laundry image atau oplas dengan merekrut aktivis-aktivis. Ini kan menunjukkan bahwa sebenarnya Prabowo khawatir dengan sejarah dan rekam jejaknya yang buruk sebelum Reformasi," kata Deddy yang juga Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan untuk Ganjar Pranowo.