Logo Bloomberg Technoz

Konsumsi Listrik Texas Pecah Rekor gara-gara Gelombang Panas

News
19 July 2023 17:50

Ilustrasi gelombang panas di Texas. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi gelombang panas di Texas. (Sumber: Bloomberg)

Naureen S. Malik - Bloomberg News

Bloomberg, Konsumsi listrik di Texas kembali mencetak rekor tinggi, dipicu oleh gelombang panas ekstrem yang mendorong bisnis dan rumah tangga lebih banyak menggunakan AC. Dengan suhu yang diramal akan terus meningkat, jaringan listrik pun akan semakin terdampak.

Berdasarkan data jaringan yang dikumpulkan oleh Bloomberg, konsumsi listrik naik ke level paling tinggi sepanjang masa, menyentuh 82.698 megawatt pada Selasa (18/7/2023) sore. Angka ini merupakan rekor kesembilan dalam tiga pekan terakhir.

Sejauh ini, pasokan listrik yang kuat dari pembangkit tenaga angin dan surya membantu menyetabilkan jaringan listrik, dan menjaga tagihan listrik relatif rendah. Menurut dewan listrik Texas atau Electric Reliability Council of Texas (ERCOT), pembangkit tenaga angin dan surya menyumbang sekitar 35% dari pasokan pada puncak di hari Selasa.

Angka tersebut didasarkan pada penggunaan energi di waktu nyata yang diperbarui oleh ERCOT setiap lima menit. Sementara berdasarkan hitungan per jam, rekor konsumsi listrik tertinggi jatuh pada Senin (17/7/2023) sebanyak 81.911 megawatt.