Logo Bloomberg Technoz

2. Afghanistan
Afghanistan adalah salah satu negara dari benua Asia yang menempati 5 besar posisi negara paling miskin di dunia. GNI per kapitanya mencapai US$390 pada tahun 2022 dan 71% dari warganya tinggal di daerah kumuh.

Selain itu, konfrontasi dalam negara tersebut seakan tak kunjung usai. Pada tahun 2021, konflik di Afghanistan memanas karena adanya serangan dari kelompok Taliban. Ini juga menyebabkan stabilitas perekonomian menurun.

3. Somalia
Dengan tingkat GNI per kapita sebesar $430 pada tahun 2022, Somalia menduduki posisi kedua dalam urutan negara paling miskin di dunia. 

Banyak sekali kekerasan yang terjadi di Somalia juga mendukungnya sebagai salah satu negara paling tidak aman. Di sana, akses menuju berbagai layanan publik sangat terbatas, dan hak-hak warga negara tidak dilindungi hukum dengan baik.

4. Mozambik
Pada urutan keempat, ada Mozambik sebagai negara paling miskin di dunia, dengan tingkat GNI sebesar $480 per kapita. Sebanyak 77% dari penduduk Mozambik pada tahun 2018 hidup di daerah kumuh.

Di Mozambik, kekerasan sering terjadi antar penduduk. Situasi politik di negara tersebut pun tidak stabil dan kerap menimbulkan kekacauan. Misalnya, perang sipil yang terjadi sejak tahun 2017 telah menewaskan lebih dari empat ribu orang.

5. Republik Afrika Tengah
Pada tahun 2021, nilai GNI Republik Afrika Tenga hanya mencapai $480 per kapita. Ada 95% dari penduduk Republik Afrika Tengah hidup dengan kondisi tidak layak.

6. Madagaskar
Madagaskar ternyata menduduki posisi keenam dalam urutan negara paling miskin di dunia. Tingkat GNI hanya mencapai $490 per kapita. Pada tahun 2012, 70,7% dari penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Sebenarnya Madagaskar sudah mulai bertumbuh kembali pada tahun 2021, tetapi terganggu kembali di tahun 2022 karena adanya kondisi cuaca ekstrem, wabah penyakit, dan dampak dari perang Rusia-Ukraina. Saat ini, sejumlah masalah yang dihadapi Madagaskar masih seputar kematian anak, rentannya ketahanan pangan, semakin buruknya kondisi alam, dan pembangunan infrastruktur.

7. Sierra Leone
Negara yang terletak di Afrika Barat ini mungkin tidak terlalu dikenal. Dengan tingkat GNI sejumlah $500 per kapita, menjadikannya posisi ketujuh dalam negara paling miskin di dunia. 

Permasalahan di negara tersebut meliputi rentannya sistem perundang-undangan serta pemerintahan hingga lemahnya pembangunan infrastruktur. Belum lagi dampak wabah Ebola tahun 2014 yang masih berlanjut hingga sekarang.

Kekeringan di Afrika (Sumber: Bloomberg)

8. Republik Demokratik Kongo
Kongo menjadi negara paling miskin di dunia kedelapan. Nilai $550 adalah jumlah GNI per kapita yang didapatkan pada tahun 2022. Sebanyak 63,9% penduduknya hidup tidak layak menurut data tahun 2012.

Tidak stabilnya kondisi perekonomian tersebut adalah dampak dari pemberontakan yang terus-menerus terjadi antara masyarakat sipil dengan pasukan militer di Kongo.

9. Nigeria
Dalam urutan kesembilan negara paling miskin di dunia, ada Nigeria. Nilai GNI di negara tersebut pada tahun 2021 hanya mencapai $590 per kapita. Rentannya kondisi agraria terhadap bencana dan kondisi iklim ekstrem, serta banyaknya penduduk yang buta huruf menjadi permasalahan utama di Nigeria.

10. Malawi

Malawi menjadi negara termiskin nomor 10 dengan GNI per kapita mencapai US$620. Perekonomian Malawi telah melemah secara signifikan oleh serangkaian guncangan eksogen dan ketidakseimbangan makro-fiskal yang terus-menerus.

(evs)

No more pages